kebahagian itu tidak harus bersama orang yang sempurna untuk kita cintai, melainkan bersama orang yang bersedia menemani kita dalam suka dan duka, dan orang yang bersedia menerima semua kekurangan kita serta menjadikannya sesuatu yang sempurna.
Welcome / Selamat Datang di Jeconiah Blog
Sering-seringlah berkunjung untuk melihat informasi terkini.
Anda diperkenankan memberi komentar atau saran... KLIK DI SINI

Otak Manusia adalah Mesin Tercanggih di Jagat Ini

Cinta Balita Newsletter - Children Are Our Future!

Jika kamu memilih cinta kasih, maka tidak akan ada kekuasaan yang bisa merengkuhmu. Di dalam cinta sejati, tidak ada kekuasaan. Yang ada hanyalah kekuatan sejati. Kekuasaan akan mengambil sesuatu darimu, sedangkan cinta kasih akan memberikan sesuatu untukmu.
Sebagai perwujudan cinta kasih, disini dipersembahkan rangkaian penjelasan mengenai otak yang diambil dari beberapa buku. Agar anda memahami apa saja yang terdapat di dalam otak dan bagaimana cara otak bekerja sehingga dapat mengenali proses belajar individu dan bagaimana otak dapat dikembangkan secara luar biasa bagi setiap orang.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda! :-)

==============
MAIN ARTICLE
==============
"Otak Manusia adalah Mesin Tercanggih di Jagat Ini"

Dear all,

Banyak ungkapan untuk menggambarkan otak manusia, antara lain 'raksasa yang sedang tidur', 'alat pintal yang mempesona', 'seperangkat mesin terkompleks di jagat raya', 'wilayah terbesar di dunia yang belum tergali', 'superkomputer biologis', dll.

Kenyataannya, penemuan-penemuan terbesar dalam sejarah manusia, membenarkan semua ungkapan tersebut. Luar biasa, otak manusia memang lebih kompleks dan lebih canggih dibandingkan dengan superkomputer yang paling canggih sekalipun.

Otak adalah organ tubuh yang memiliki kesempatan dan peluang tak terhingga. Anda tiba pada sebuah dunia yang memiliki hampir 100 miliar sel. Ambil beberapa juta dari hampir semiliar sel itu, yaitu jumlah sel yang Anda miliki seperti yang dimiliki oleh para pemikir hebat, filosof, ilmuwan, penjelajah, pemimpin dunia, dan para peraih Hadiah Nobel, orang-orang terbaik dari setiap bidang kehidupan sepanjang sejarah.

Jumlahnya sangat mengejutkan. Sebenarnya yang penting bukan terletak pada jumlah sel otak (neuron)-nya, tapi pada jumlah koneksi (hubungan jaringan) yang terjadi antar sel. Bayangkan, setiap sel dari 100 miliar neuron itu dapat membuat 20.000 cabang atau dendrit.

Jangan disibukkan dengan matematika. Ia adalah bilangan yang sangat memusingkan kepala yang mencapai triliunan. Apa itu artinya adalah apa yang sebenarnya dapat dihitung. Hal itu menunjukkan bahwa kapasitas otak manusia memang sangat mengagumkan. Otak manusia jauh lebih canggih daripada komputer yang paling cerdas di muka bumi ini. Dan otak manusia menunjukkan potensi mengagumkan yang belum sepenuhnya disadari. Tatkala manusia menemukan batas-batas ruang angkasa, wilayah 'terluas' yang belum pernah terjamah justru berada di atas bumi ini, di dalam batas-batas rongga tengkorak kita masing-masing. Kenyataannya, lebih banyak kemungkinan hubungan dalam otak manusia daripada jumlah atom di seluruh jagat raya.

Para peneliti otak mengungkapkan hasil yang luar biasa bahwa mereka dapat secara aktual menyaksikan bagaimana proses berpikir berlangsung, rasa takut meletus, atau memori yang telah lama terkubur muncul kembali dalam kesadaran.

Melalui terobosan ini, para ilmuwan dapat membedakan antara satu kelompok neuron dengan kelompok neuron yang lain yang hanya terpisah oleh jarak 1 milimeter saja. Dan tahukah anda bahwa ada 30.000 neuron dalam ruang sebesar ujung peniti !!!

Satu hal yang jelas, jika anda dan tentunya anak-anak anda ingin mengembangkan otak, maka anda membutuhkan latihan terus-menerus setiap hari, mirip dengan orang yang berfisik bugar, mengembangkan dan memelihara kelenturan otot. Jika
anda tidak melatih serta menjaga otot mental anda, maka ia akan melemah dan mengendur seperti otot bisep atau otot perut.

Apresiasi dan pemahaman terhadap ruang dalam otak dan cara otak bekerja, adalah sangat dasar sekali untuk memahami proses belajar. Mengapa belajar seumur hidup dari umur 0 tahun hingga badan fisik ini ditinggalkan oleh rohnya, menjadi begitu penting. Dan bagaimana ia dapat dikembangkan secara luar biasa bagi setiap orang.

Nah, dalam rangkaian wujud cinta kasih kami kepada anda, uraian tentang otak akan berlanjut dalam newsletter berikutnya.

Be a smart parent! :-)
Children are our future,


Ikutan baca artikel dan interaktif di Blog Cinta Balita yuuk Klik aja ini http://www.miss-jana.org/blog Anda bisa bertanya, kasih komentar, saran.

Tidak ada komentar:

Jeconiah at Dity School

2011 - Peluang Bisnis Online Tanpa Ribet

Baiklah Orang Bijak Mendengar Dan Menambah Ilmu Dan Baiklah Orang Yang Berpengertian Memperoleh Bahan Pertimbangan